Pelatihan Sistem Informasi Desa

02 Agustus 2019 14:12:54 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Kamis (01/08/2019) di Balai Desa Bejiharjo diadakan pelatihan IT untuk Perangkat Desa Bejiharjo. Pelatihan tersebut merupakan program kerja Mahasiswa KKN Revolusi Mental Khusus 020 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan tema “Indonesia Melayani”.

Pelatihan tersebut diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Perangkat Desa di Bejiharjo dalam melayani masyarakat. Sehingga ketika ada warga masyarakat yang akan mengurus dokumen–dokumen kependudukan bisa dilayani dengan tepat dan cepat dengan menggunakan system secara online.

Narasumber kegiatan tersebut adalah Yadi Anggoro, pegawai Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Gunungkidul. Beliau menjelaskan tentang Sistem Informasi Desa (SID). Dalam Pelayanan masyarakat semua Desa di Kabupaten Gunungkidul sudah menggunakan SID. Program SID mulai dilaksanakan di 6 desa di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Patuk dan Panggang pada tahun 2011.

Kemudian dua kecamatan tersebut dijadikan piloting desa online dengan alamat website : [Nama desa]-gunungkidul.sid.web.id, server di Bappeda Kabupaten Gunungkidul. Saat ini sudah 144 desa dan migrasi ke website desa dengan domain : [Nama desa]-[Nama Kecamatan].desa.id, server di Kominfo Kabupaten Gunungkidul.

Manfaat dari SID antara lain :

  1. Sebagai Aplikasi dalam melayani masyarakat
  2. Memberikan Informasi kepada masyarakat terkait perkembangan ataupun peristiwa yang terjadi di suatu desa
  3. Sebagai media promosi tentang potensi yang ada di masing – masing desa
  4. Sumber data keluarga, data kemiskinan, dsb.

Selain itu narasumber kegiatan tersebut, adalah Bapak Warto dari Pemerintah Desa Bendungan. Beliau menjelaskan tentang pembuatan artikel / berita dalam SID. (Eny)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo