Deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas )

18 Oktober 2019 09:57:45 WIB

Bejiharjo_Karangmojo, Pada hari Jum'at, 18 Oktober 2019 puku 06.30 wib di halaman UPT Puskesmas  Karangmojo II Padukuhan Banyubening 1 Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul  dilaksanakan kegiatan deklarasi GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) yang diselenggarakan oleh UPT Puskesmas Karangmojo II.

Dalam kegiatan ini di hadiri oleh Muspika Kecamatan Karangmojo, Perangkat Desa Bejiharjo, seluruh Koordinator Kader dan Kader di Desa Bejiharjo, anak – anak sekolah SD Banyubening dan beberapa perwakilan siswa SMP N2 Karangmojo serta sekitar 300 peserta senam Massal.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mencegah penyakit tidak menular dan menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dengan tema “ CERDIK, Rahasia Masa Muda Sehat, Masa Tua Nikmat”.

 

Program CERDIK adalah langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular ( PTM ). Penyakit tidak menular antaralain Stroke, darah tinggi, diabetes, jantung,Cerdik merupakan singakatan dari :

C = Cek kesehatan secara berkala

E = Enyahkan asap rokok

R = Rajin Olahraga

D = Diet sehat dengan kalori seimbang

I  = Istirahat yang cukup

K = Kelola Stress

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban yang bersih dan sehta. Memeriksakan kesehatan secara rutin antaralain yaitu cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol total, cek lingkar perut, cek arus puncak respirasi, serta deteksi dini kanker leher rahim.

Dalam kegiatan ini juga disediakan acara hiburan music elektone dan pembagian doorprize.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo